Diet untuk lansia dengan dm

Konsep Dasar Medik 1. Penyuluhan bagi pasien DM tidak hanya dilakukan oleh dokter yang menghimbau tetapi juga oleh segenap jajaran yang terkait seperti perawat penyuluh, ahli gizi,pekerjaan sosial. Cara-cara yang dapat dilakukan untuk menjaga agar mental dan bathin tenang dan seimbang adalah: Makanan yang mengandung zat besi dalam jumlah besar, seperti kacang — kacangan, hati, bayam, atau sayuran hijau.

Sistematika Penulisan Untuk memperoleh gambaran yang jelas dalam penyusunan karya tulis ini, penulis membagi dalam lima bab, yaitu: Studi Dokumenter Data-data yang didapat dari status klien di ruangan catatan perawatan, instruksi dokter dan tim kesehatan lainnya.

Jadi istirahat dan tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan. Riwayat Penyakit Keluarga Dalam anggota keluarga tersebut salah satu anggota keluarga ada yang menderita DM.

Pengaturan makanan atau Kombinasi pengaturan makanan dan obat. Padahal tulang adalah penopang utama bagi tubuh untuk melakukan aktivitas. Istirahat, tidur yang cukup Sepertiga dari waktu dalam kehidupan manusia adalah untuk tidur. Diabetes Gestasional diabetes kehamilan intoleransi glukosa selama kehamilan, tidak dikelompokkan kedalam NIDDM pada pertengahan kehamilan meningkat sekresi hormon pertumbuhan dan hormon chorionik somatomamotropin HCS.

Menghilangkan gejala — gejala akibat hiperglikemia seperti rasa haus, sering kencing, lemas, gatal — gatal. Etiologi Pada lansia cenderung terjadi peningkatan berat badan, bukan karena mengkonsumsi kalori berlebih namun karena perubahan rasio lemak-otot dan penurunan laju metabolisme basal.

Hendaknya lansia makan dengan porsi kecil tapi sering b. Demikianlah Kiat sehat Diet Diabetes Melitus kali ini, semoga bermanfaat bagi sobat pembaca yang sedang butuh informasi mengenai diet bagi penderita Diabetes Melitus.

Penatalaksanaan Tujuan utama penatalaksanaan klien dengan Diabetes Mellitus adalah untuk mengatur glukosa darah dan mencegah timbulnya komplikasi acut dan kronik.

Cara Penanganan Diabetes Pada Lansia

Menurunnya daya membedakan warna hijau atau biru pada skala. Perubahan tersebut meliputi aterosklerosis, hilangnya elastisitas jaringan ikat dan penurunan dalam relaksasi otot polos pembuluh darah, yang pada gilirannya menurunkan kemampuan distensi dan daya regang pembuluh darah.

Penatalaksanaan Tujuan utama terapi diabetes melitus adalah mencoba menormalkan aktivitas insulin dan kadar glukosa darah dalam upaya untuk mengurangi komplikasi vaskuler serta neuropati.

Adapun efek utama insulin terhadap metabolisme karbohidrat, yaitu: Obat-obat yang dapat menyebabkan huperglikemia antara lain: Latihan Dengan latihan ini misalnya dengan berolahraga yang teratur akan menurunkan kadar glukosa darah dengan meningkatkan pengambilan glukosa oleh otot dan memperbaiki pemakaian kadar insulin.

Pankreas terdiri dari tiga bahagian yaitu: Mineral dan Air Fungsi dari mineral yaitu pembentukan jaringan tubuh, memelihara keseimbangan asam basa dll. Polidipsi banyak minum Hal ini disebabkan pembakaran terlalu banyak dan kehilangan cairan banyak karena poliuri, sehingga untuk mengimbangi penderita lebih banyak minum.

Sebelum membahas tentang cara hidup sehat sebaiknya terlebih dahulu diketahui apa itu sehat. Kebersihan lingkungan, dihalaman rumah, jauh dari sampah dan genangan air. Hipertensi pada lansia diharapkan bisa dikendalikan melalui pengaturan pola makan atau diet yang tepat, sehingga hipertensi dapat terkontrol dan dampak yang ditimbulkan oleh hipertensi tersebut dapat diminimalisasi.

Hindari makanan yang terlalu manis, gurih, goreng-gorengan dll. EGC Doenges, M. Sedangkan gejala kebingungan dan koma yang merupakan gangguan metabolisme serebral tampak lebih jelas. Umumnya orang akan merasa segar dan sehat sesudah istirahat.

Hal ini diperlukan karena kaki pasien sudah tidak peka lagi terhadap rasa nyeri, sehingga akan terjadi trauma berulang ditempat yang sama menyebabkan bakteri masuk pada tempat luka. Untuk memperoleh gambaran tentang pengkajian fisik pada pasien Diabetes Mellitus.

Alwi Dahlan: Patofisiologi Dalam proses metabolisme, insulin memegang peranan penting yaitu memasukkan glukosa ke dalam sel yang digunakan sebagai bahan bakar. Alih-alih, lansia dengan diabetes harus belajar untuk menguasai program pemantauan dan perawatan yang melibatkan banyak partisipasi klien.

Suyono, Alkohol, dianggap menambah resiko terjadinya pankreatitis. Menambah penyimpanan glukosa ke jaringan.

Menurunkan gula dalam urine menjadi negatif. Cara Hidup Sehat Cara hidup sehat adalah cara-cara yang dilakukan untuk dapat menjaga, mempertahankan dan meningkatkan kesehatan seseorang.

LAPORAN PENDAHULUAN DIABETES MELITUS

Riwayat Penyakit Sekarang Pada umumnya pasien datang ke RS dengan keluhan gangguan penglihatan karena katarak, rasa kesemutan pada tungkai serta kelemahan otot neuropati perifer dan luka pada tungkai yang sukar sembuh dengan pengobatan lazim.2/20/ · Sebaliknya yang sering mengganggu pasien adalah keluhan akibat komplikasi degeneratif kronik pada pembuluh darah dan saraf.

Pada DM lansia terdapat perubahan patofisiologi akibat proses menua, sehingga gambaran klinisnya bervariasi dari kasus tanpa gejala sampai kasus dengan komplikasi yang luas.

Laporan Pendahuluan Dm Pada Lansia

Sumber serat yang baik adalah sayuran, buah-buahan dan biji-bijian utuh. Konsumsi suplemen serat tidak dianjurkan bagi lansia karena dikhawatirkan konsumsi serat yang terlalu banyak dapat menyebabkan mineral dan zat gizi lain terserap oleh serat.

Lansia dianjurkan untuk mengurangi konsumsi gula sederhana dan menggantinya dengan karbohidrat. Perubahan sederhana untuk memperbaiki diet bagi manula yaitu: Minum satu gelas sari buah yang murni (jangan dicampuri air ataupun gula), Sarapan dengan biji-bijian utuh (misalnya havermout, beras merah) dan telur setiap pagi, Mengusahakan makan daging atau ikan paling tidak sekali dalam sehari, Minum segelas susu pada waktu akan tidur, Paling sedikit makan satu porsi sayuran setiap hari.

Yang dimaksud dengan perilaku yang tidak sehat antara lain: aktivitas fisik yang rendah, konsumsi buah dan sayur lansia dengan tiga perilaku tidak sehat memiliki resiko untuk mengalami disabilitias 2,5 kali lipat dibandingkan lansia dengan kebiasaan hidup yang.

Anda sedang mencari file ppt atau power point penyuluhan kesehatan karena anda membutuhkannya untuk penyuluhan, atau tugas kantor, anda bisa mecarinya disini. kami. Diabetes Mellitus, istilah kedokteran untuk 'kencing manis' atau 'penyakit gula, ditandai dengan kadar guia darah tinggi.

Pengaturan makanan yang sehat sangat penting untuk penderita diabetes.

Diet untuk lansia dengan dm
Rated 4/5 based on 84 review